Beranda SEHAT Usia Paling Tepat Bagi Anak Diberi Gadget

Usia Paling Tepat Bagi Anak Diberi Gadget

30
0

Dunia modern dengan berbagai kemajuan teknologi dewasa ini, secara langsung berpengaruh kuat terhadap perubahan gaya hidup tak terkecuali penggunaan perangkat gadget.

Dengan demikian tidak heran jika diusia dini anak-anak pun telah gemar bermain serta menjadikan gadget sebagai bagian tak terpisahkan dari aktivitas bermainnya setiap hari.

Mengikuti kebiasaan orang tua mereka, umumnya anak-anak menggenggam gadget pada hampir setiap aktivitas santainya di rumah maupun di tempat lain. Meskipun begitu, tahukah anda apa akibat negatif timbulkan oleh penggunaan dini gadget bagi anak-anak? Sebuah kominten dan aturan main penggunaan gadget yang tepat dari sang pencipta teknologi komputer berikut ini menarik diterapkan.

Tahukah anda bahwa Bill Gates, salah satu orang terkaya di dunia dan pencipta teknologi modern di industri komputer menerapkan aturan tegas tentang pemberian gadget pada anak-anaknya. Ia juga menetapkan usia minimum anak dibolehkan memiliki ponsel.

Nah tentu saja Bill Gates paling jago mengenai hal ini dan tentu tahu apa yang baik dan yang tidak. Ia memiliki tiga orang anak yang beranjak remaja. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia teknologi, pastinya dia tahu kapan usia terbaik memberikan gadget pada anak.

Menurut Bill Gates bahwa sang anak seharusnya tidak dibolehkan memiliki ponsel pintar atau gadget sebelum usianya 14 tahun.

Pakar parenting dan ahli teknologi mengamini ucapan Bill Gates. Karena penelitian juga telah membuktikan bahwa membiarkan anak menyentuh teknologi terlalu dini bisa berdampak buruk pada anak.

Istrinya yang bernama Melinda juga menetapkan aturan ketat terkait pemberian gadget pada anak-anaknya. Meskipun anak mereka memprotes aturan tersebut, namun Bill tetap tegas.

Kecanduan bermain gadget memengaruhi perkembangan otak anak, juga membuat anak menjadi malas bergerak, sehingga sistem motoriknya lamban untuk berkembang. Bahkan memengaruhi perkembangan kesehatan mental dan sosialnya.

Anak yang kecanduan internet dan gadget tidak bisa bersosialisasi dengan baik, sehingga dia tidak memiliki teman bermain. Selaini itu, ketergantungan terhadap gadget membuat dia tidak bisa mandiri dalam menyelesaikan masalah.

Meski diakui bahwa internet juga memiliki konten yang baik dan bagus untuk perkembangan anak, namun jika tidak selektif dan dibatasi, screentime yang berlebihan bisa berdampak buruk pada anak.

Mari jadikan pelajaran untuk lebih tegas dalam peraturan penggunaan gadget pada anak kita di rumah.(sb/int)

* Diolah dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here