Beranda LIFESTYLE Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh

3
0
Buah Durian yang bermnafaat bagi kesehatan. (ISTIMEWA)

Seberita.com – Siapa yang tidak kenal durian, sang raja buah yang memiliki aroma khas serta harum yang luar biasa. Bagi banyak orang yang hobby pada buah dengan ciri duri pada kulitnya ini, tentu enggan melewatkan musim buah ini. Mereka selalu berusaha mendapatkan buah durian meski harus membelinya. Namun tahukah anda banyak di balik rasa lezat buah durian mengandung banyak manfaat?.

Seperti dikutip dari FB group Kumpulan obat alami herbal dan manfaatnya, buah durian mengandung anti oksidan yang cukup tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung: vitamin A sebanyak 44 IU, vitamin C 19,7 mg, Magnesium 30 mg, Fosfor 39 mg, dan mineral lainnya.

Kandungan yang dimiliki buah durian ini, menyebabkan ia dipercaya dapat memberikan manfaat baik untuk tubuh kita. Manfaat buah durian berdasarkan kandungannya, dapat dibaca sebagai berikut:

• Tinggi anti oksidan

Buah durian ternyata mengandung anti oksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sendiri dikenal sebagai zat yang dapat melindungi tubuh kita dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebab kan penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit jantung.

Radikal bebas ini merupakan molekul yang muncul di dalam tubuh ketika kita merokok, atau ketika tubuh menguraikan makanan yang kita konsumsi.

• Manfaat serat buah durian

Sebanyak 3.8 gr serat yang terkandung dalam durian, masing-masing ada serat tidak larut dan serat larut. Kedua jenis serat ini dapat membantu pencernaan kita. Selain itu, serat yang terkandung di dalamnya juga dipercaya dapat menurun kan kadar kolesterol, bagus untuk peredaran darah, serta baik untuk kesehatan jantung.

• Kalium buah Durian

Buah durian mengandung kalium yang dipercaya dapat memberikan beragam kebaikan untuk tubuh, setidaknya terkandung 436 mg kalium. Kalium sendiri dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan otot, tulang, kardiovaskular, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain beberapa jenis manfaat buah durian di atas, buah durian juga di percaya dapat mengobati beberapa penyakit kulit dan membantu dalam mengurangi bengkak.

Cara sangat mudah cukup dioleskan daging buah durian pada bagian kulit yang sakit atau mengalami pembengkakan. Meski begitu, untuk penyakit kulit disarankan tetap berhati-hati dalam menggunakannya dan konsultasikan terlebih dulu kepada dokter.

Selain itu, buah durian diduga juga bisa meningkatkan gairah seksual, meredakan demam, bagus untuk penyakit kuning, malaria, mengobati luka dan kondisi lain nya.

Namun hal ini masih memerlukan penelitian lebih dalam, karena belum memiliki bukti ilmiah yang cukup.

Apakah ada sudah telanjur jatuh cinta pada buah beraoma sedap ini? Tunggu dulu, khusus bagi penderita diabetes, sebaiknya mengurungkan niat untuk mengonsumsi buah ini. Buah ini bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Bagi ibu menyusui dan ibu hamil, disarankan untuk mengonsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini.

Selain itu, mengonsumsi durian juga harus dalam batas kewajaran dan tidak berlebihan jumlahnya. Cukup mengkonsumsi buah durian 100-200 gr dalam sekali makan, untuk tetap menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Semoga bermanfaat !!!…

•Sumber: Kumpulan obat alami herbal dan manfaatnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here