Connect with us

SEHAT

Jam Kerja Biologi Organ Tubuh Manusia

Published

on

Struktur jam kerja biologi organ tubuh manusia. - Foto: Futuready

Seberita.com – Dalam waktu sehari semalam atau 24 jam masing-masing organ tubuh manusia memiliki waktu kerja biologis dan ini penting diketahui bersama untuk kesehatan. Mengetahui jam kerja biologis organ tubuh manusia sangat penting sehingga kita dapat menyesuaikan tindakan apa yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan pada waktu-waktu tertentu tersebut. Menurut Prof. dr. Soeharsoyo Sp.Ak, jam kerja biologis organ tubuh manusia adalah sebagai berikut:

LAMBUNG, Jam 07:00 – 09:00. Daya kerja lambung sedang kuat-kuatnya. Dianjurkan untuk sarapan yang bergizi tinggi pada jam ini.

JANTUNG, Jam 11:00 – 13:00; Hindari panas berlebih dan olah fisik, terutama bagian yang ada keluhan di pembuluh darah.

HATI/LIVER, Jam 13:00 – 15:00, Kondisi liver sedang lemah, dengan istirahat sejenak akan terjadi proses regenerasi sel-sel hati.

PARU-PARU, Jam 15:00 – 17:00, Paru paru sedang lemah, istirahat dan nafas dengan teratur untuk mengembalikan energi paru paru.

GINJAL, Jam 17:00 -19:00, Ginjal dalam kondisi kuat, terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan sel otak. Ini jam terbaik untuk belajar.

LAMBUNG, Jam 19:00 – 21:00, Lambung sedang lemah. Diusahakan jangan mengkonsumsi makanan padat yang sulit dicerna, atau lebih baik berhenti makan.

LIMPA, Jam 21:00 23:00, Limpa dalam kondisi lemah, terjadi proses pembuangan racun tubuh dan regenerasi sel limpa. Jika wajah menjadi agak pucat di jam ini, artinya limpa ada gangguan.

JANTUNG, Jam 23:00 – 01:00, Jantung sedang dalam kondisi lemah.
Waktunya istirahat untuk pemulihan energi tubuh.

HATI/LIVER, Jam 01:00 – 03:00, Liver dalam kondisi kuat, terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Ini saatnya terjadi regenerasi sel.

PARU-PARU, Jam 02.30 – 04:30, Kondisi paru paru sedang kuat, terjadi pembersihan dan pembuangan racun atau kotoran di paru paru. Akan terjadi batuk, bersin dan berkeringat bila paru-paru kotor. Ini jam terbaik untuk “Qiyamul lail”. Saat sujud pada waktu inilah mengalirnya darah yang kaya akan oksigen ke otak tertentu yang tidak bisa dialirkan darah pada saat sujud diwaktu siang.

USUS BESAR, Jam 05:00 – 07:00, Usus besar dalam kondisi kuat, biasakan B.A.B di jam ini agar kotoran, racun dan sisa sistem pencernaan dapat dikeluarkan semua.

Sayangi diri kita dan orang di sekitar kita dengan share ini ke orang-orang di sekitar kalian.

*Sumber: Fan Page Sahabat Sehat Anda

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SEHAT

Akar Ilalang Ampuh Sembuhkan Penyakit Ginjal & Lainnya

Published

on

Foto: net/istimewa

Seberita.com — Alang-alang atau biasa disebut ilalang merupakan jenis tumbuhan liar yang banyak dijumpai di mana-mana terutama pada kampung-kampung. Bahkan tumbuhan ini juga hidup di lahan-lahan kosong daerah pinggiran kota, sehingga menemukan tumbuhan jenis ini tentu tidak sulit. 

Masalahnya adalah apakah semua orang tahu bahwa tumbuhan liar yang sering dianggap sangat mengganggu di kebun ini dan lalu dibuat punah dengan menggunakan racun rumput ini memiliki khasiat yang luar biasa?.

Masyarakat Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan dan juga tentu di daerah lain, sejak dahulu telah menjadikan tumbuhan dengan nama latin Impercata Cylindrical ini sebagai obat yang memiliki kemampuan menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Masyarakat tradisional tempo dulu memanfaatkan ilalang sebagai obat untuk menurunkan panas badan dan peluruh kencing (diuretika).

Seperti yang dikutip dari Caracantiq.com alang-alang mengandung glukosa, citric acid, malic acid, dan juga terdapat senyawa kimia, di antaranya cylindrin, fermenol, coixol, simiarenol, arundion, dan anemonin. Tumbuhan ini berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti:

Penyakit Ginjal Akut

Untuk mengobati penyakit ginjal akut, buatlah sejenis ramuan dengan mempersiapkan bahan berupa 100 – 125 gram akar ilalang yang masih segar. Bersihkan akar alang-alang, potong kecil-kecil dan cuci hingga bersih. Rebus potongan akar alang-alang tersebut dengan 3 gelas air dan biarkan hingga airnya tersisa 1 gelas. Saring dan biarkan dingin. Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari dua kali setiap pagi dan sore, sampai penyakit ginjal akut sembuh.

Mengobati Kencing Nanah

Untuk mengobati penyakit kencing nanah, siapkan sekira 300 gram akar alang-alang yang segar, kemudian silahkan dicuci sampai bersih dan potong kecil-kecil. Lalu rebus potongan akar tadi dengan 2 liter air dan biarkan hingga airnya tersisa 1 liter. Setelah itu, campurkan gula batu secukupnya, aduk hingga rata. Minumlah tiga kali sehari secara teratur selama kurang lebih 10 hari. 

Mengatasi Muntah Darah

Untuk mengobati muntah darah, siapkan kurang lebih 50 gram akar segar, bersihkan akar dari kulit arinya, cuci bersih dan potong kecil-kecil, kemudian rebus dengan 3 gelas air dan biarkan rebusannya hingga airnya tinggal tersisa 1 gelas. Minum secara teratur dua kali dalam sehari, sampai penyakit muntah darah hilang.

Obat Mimisan

Untuk mengobati mimisan, siapkan segenggam akar alang-alang segar, cuci bersih, lalu tumbuk peras dan ambil airnya kurang lebih 100 cc dan anda dapat langsung meminumnya.

Seperti itulah beberapa khasiat akar alang-alang dan cara menyiapkan obatnya. Semoga dapat memberi manfaat untuk kita semua. Silahkan dibagikan ke sanak keluarga atau teman anda, semoga membawa kebaikan atau pahala bagi mereka yang membutuhkan informasi ini.(sb/int)

Continue Reading

SEHAT

Usia Paling Tepat Bagi Anak Diberi Gadget

Published

on

Ilustrasi ibu dan anak sedang bermain gadget. - Foto: Istimewa/net

Dunia modern dengan berbagai kemajuan teknologi dewasa ini, secara langsung berpengaruh kuat terhadap perubahan gaya hidup tak terkecuali penggunaan perangkat gadget.

Dengan demikian tidak heran jika diusia dini anak-anak pun telah gemar bermain serta menjadikan gadget sebagai bagian tak terpisahkan dari aktivitas bermainnya setiap hari.

Mengikuti kebiasaan orang tua mereka, umumnya anak-anak menggenggam gadget pada hampir setiap aktivitas santainya di rumah maupun di tempat lain. Meskipun begitu, tahukah anda apa akibat negatif timbulkan oleh penggunaan dini gadget bagi anak-anak? Sebuah kominten dan aturan main penggunaan gadget yang tepat dari sang pencipta teknologi komputer berikut ini menarik diterapkan.

Tahukah anda bahwa Bill Gates, salah satu orang terkaya di dunia dan pencipta teknologi modern di industri komputer menerapkan aturan tegas tentang pemberian gadget pada anak-anaknya. Ia juga menetapkan usia minimum anak dibolehkan memiliki ponsel.

Nah tentu saja Bill Gates paling jago mengenai hal ini dan tentu tahu apa yang baik dan yang tidak. Ia memiliki tiga orang anak yang beranjak remaja. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia teknologi, pastinya dia tahu kapan usia terbaik memberikan gadget pada anak.

Menurut Bill Gates bahwa sang anak seharusnya tidak dibolehkan memiliki ponsel pintar atau gadget sebelum usianya 14 tahun.

Pakar parenting dan ahli teknologi mengamini ucapan Bill Gates. Karena penelitian juga telah membuktikan bahwa membiarkan anak menyentuh teknologi terlalu dini bisa berdampak buruk pada anak.

Istrinya yang bernama Melinda juga menetapkan aturan ketat terkait pemberian gadget pada anak-anaknya. Meskipun anak mereka memprotes aturan tersebut, namun Bill tetap tegas.

Kecanduan bermain gadget memengaruhi perkembangan otak anak, juga membuat anak menjadi malas bergerak, sehingga sistem motoriknya lamban untuk berkembang. Bahkan memengaruhi perkembangan kesehatan mental dan sosialnya.

Anak yang kecanduan internet dan gadget tidak bisa bersosialisasi dengan baik, sehingga dia tidak memiliki teman bermain. Selaini itu, ketergantungan terhadap gadget membuat dia tidak bisa mandiri dalam menyelesaikan masalah.

Meski diakui bahwa internet juga memiliki konten yang baik dan bagus untuk perkembangan anak, namun jika tidak selektif dan dibatasi, screentime yang berlebihan bisa berdampak buruk pada anak.

Mari jadikan pelajaran untuk lebih tegas dalam peraturan penggunaan gadget pada anak kita di rumah.(sb/int)

* Diolah dari berbagai sumber

Continue Reading

SEHAT

Berciuman Setiap Hari Bikin Sehat dan Gigi Kuat

Published

on

Ilustrasi pasangan suami istri berciuman. - Foto: Pixabay

Seberita.com – Tahukah anda bahwa bercinta atau berhubungan seks memiliki banyak manfaat, antara lain membuat tubuh sehat serta gigi kuat?. Bahkan kebiasaan pasangan suami-istri ini, memiliki banyak manfaat.

Seperti dikutip dari salah satu akun Facebook tentang pengetahuan bagi suami istri, maka ada 10 manfaat sebagai berikut:

1. Berhubungan seks mengurangi sakit kepala. Setiap kali bercinta, ia melepaskan ketegangan di pembuluh darah otak.

2. Bercinta bisa membersihkan hidung tersumbat. Seks adalah antihistamin alami. Ini membantu melawan asma dan alergi musim semi.

3. Bercinta adalah perawatan kecantikan yang spektakuler. Para ilmuwan telah menemukan bahwa ketika seorang wanita melakukan hubungan seks, ia menghasilkan sejumlah besar estrogen yang memberi kesan bersinar dan lembut pada rambut.

4. Seks adalah salah satu olahraga teraman. Cinta sering memperkuat otot tubuh pria dan wanita. Ini lebih menyenangkan daripada berenang 20 lap di kolam renang dan tidak perlu sepatu spesial!

5. Bercinta perlahan, lancar dan dengan cara santai mengurangi kemungkinan menderita dermatitis, ruam kulit dan jerawat. Keringat yang dihasilkan membersihkan pori-pori dan membuat kulit Anda bersinar.

6. Aktivitas seks bisa membakar semua kalori yang telah Anda kumpulkan selama makan malam romantis sebelum tidur.

7. Seks adalah obat ilahi untuk depresi. Ini melepaskan endorfin ke dalam aliran darah, menciptakan keadaan euforia dan membuat wanita dan pria merasa unik.

8. Seks adalah obat penenang dan pelemas otot ke dunia yang lebih aman. Seribu kali lebih efektif daripada Valium.

9. Badan yang aktif secara seksual melepaskan lebih banyak feromon.

10. Berciuman setiap hari akan membuat Anda lebih banyak waktu jauh dari dokter gigi. Berciuman adalah seni yang membuat gigi bersih dan air liur mengurangi jumlah asam yang menyebabkan kerusakan gigi. Pencegahan ini menghilangkan banyak masalah, selain menawarkan nafas terus diperbaharui.

SILAHKAN DISHARE!

Sumber: FB Resep Enak Bunda

Continue Reading

Trending