Beranda Uncategorized Bakso Ternyata Warisan Tradisi Kuliner Tionghoa

Bakso Ternyata Warisan Tradisi Kuliner Tionghoa

21
0
Ilustrasi seseorang sedang menikmati hidangan bakso. (NET/SEBERITA-REPRO)

Seberita.com – Siapa yang tidak kenal bakso, sebuah makanan favorit yang digemari banyak orang. Selain harganya yang murah dan terjangkau, jenis makanan ini sangat mudah diperoleh. Bakso tidak hanya tersedia di warung-warung, tetapi juga dijajakan keliling oleh penjualnya menjemut pembeli. Namun di balik itu tahukah anda asal muasal menu kesayangan anda ini?

Dikutip dari Wikipedia bakso berakar dari tradisi kuliner Tionghoa-Indonesia, seperti asal istilahnya Bak-So dari Bahasa Hokkien yang berarti daging giling. Karena penduduk Indonesia mayoritas Muslim, maka bakso umumnya terbuat dari daging halal seperti; bakso daging sapi, bakso ikan, maupun bakso ayam.

Sejauh ini para penjual bakso kebanyakan Orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Pusat jualan bakso terkenal seperti Bakso Solo dan Bakso Malang. Konon Bakso Solo itu merupakan turunan dari Bakso Wonogiri.

Dalam perkembangannya usaha jualan bakso tidak hanya teepusat di daerah Jawa, namun telah menyebar ke berbagai kota di Indonesia dan bahkan di pelosok-pelosok kampung.

*Sumber: kampung virtual/wikipedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here