Beranda EKONOMI & BISNIS 10 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar

10 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar

196
0
Ilustrasi peluang usaha (AUCREATIVE48)
Seberita.com — Di mana ada kemauan di situ ada jalan, itulah pepatah lama yang masih cocok untuk melukiskan betapa banyaknya peluang usaha yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk meraih keuntungan di tengah makin meningkatnya kebutuhan serta mahalnya biaya hidup. Sekadar untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau mungkin memang mau menekuni suatu usaha, itulah hal yang perlu dilakukan. Bagaimana caranya?.
Era digital dan kecenderungan aktivitas manusia yang umumnya berbasis online dewasa ini, merupakan peluang untuk membuka usaha. Menariknya, usaha berbasis online sangat berpeluang meraih keuntungan berlimpah karena modalnya kecil.

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha yang dapat dijadikan sumber meraup keuntungan.

1.      Jualan Pulsa (Jasa Isi Ulang Pulsa)

Pulsa merupakan kebutuhan penting untuk mendukung aktivitas masyarakat dalam berkomunikasi, baik keperluan pribadi, bisnis, usaha, dan lainnya. Karena pulsa adalah barang/bahan habis, maka peluang membeli secara berulang sangat besar dan di sinilah strategisnya usaha jenis ini. Membuka usaha jualan pulsa dapat dilakukan melalui layanan online dan offline. Apakah harus punya tempat jualan di pinggir jalana raya? Tidak mesti. Karena jualan dalam lorong kecil pun dapat dilakukan. Sepanjang layanan kita baik, maka pelanggan tentu akan tetap setia. Ada fasilitas chating melalui WhatsApp yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dan bahkan promosi jenis produk (dan atau paket pulsa/data) yang anda sediakan.

2.      Payment Poin Online Banking (PPOB)

Payment Poin Online Banking (PPOB) atau populer dengan sebutan agen pembayaran resmi, merupakan jenis usaha yang dapat melayani kebutuhan masyarakat seperti pembayaran jenis tagihan listrik, BPJS Kesehatan, PDAM, internet dan telepon, serta bahkan pembelian tiket perjalanan.

3.      Dropshipper

Apa itu dropshipper? Ini adalah peluang usaha rumahan yang tidak memerlukan modal besar. Cukup memiliki kemampuan promosi dan jualan yang baik, anda akan mendapatkan keuntungan banyak. Caranya: cari toko atau perusahaan yang menyediakan jasa seperti ini dan ajukan permintaan kerjasama. Selanjutnya, cukup mempromosikan copy gambar-gambar produk dari toko atau perusahaan mitra anda melalui link media sosial. Keuntungannya, anda tidak perlu stok barang dan juga tidak perlu mengemas paket serta mengirimnya karena semua dilakukan oleh mitra anda. Singkatnya, tugas anda hanya promosi dan jualan, selanjutnya silahkan tersenyum manis menyaksikan keuntungan mengalir ke rekening pribadi anda.
 
4.      Jualan Gas Elpiji

Gas elpiji merupakan kebutuhan vital rumah tangga dan tergolong bahan habis, sehingga setiap saat orang akan membeli dan membeli lagi secara berulang. Ini tentu menguntungkan bagi para suplier dan pemilik usaha jualan. Meski keuntungannya tipis yakni hanya sekira Rp 1.000 hingga Rp 1.500, namun jika dikali banyak jumlah pembeli maka keuntungannya juga besar. Banyak strategi yang bisa digunakan untuk berjualan gas elpiji, antara lain mempromosikannya secara online melalui media sosial. Bahkan juga dapat dilakukan dengan sistem langganan dan menyediakan jasa antar ke rumah-rumah. Banyak ibu rumah rumah tangga entah karena sibuk atau tidak mau repot, cenrerung memilih dan menggunakan jasa kurir untuk memenuhi kebutuhannya, termasuk untuk membeli gas elpiji. Hal ini dapat membuat anda memeroleh keuntungan ganda yakni dari penjualan dan dari jasa antar.

5.      Jasa Cuci Motor

Di tengah padatnya aktivitas dan kesibuhan atas pekerjaannya, banyak orang hampir tidak memiliki waktu untuk membersihkan kendaraan termasuk motornya. Bahkan banyak orang yang tidak mau repot membuang banyak waktu untuk melakukannya. Di sinilah peluang usaha muncul yakni menyediakan layanan jasa cuci motor dan bisa dimulai dengan sistem manual dahulu.

6.      Freelance Desain Grafis

Perkembangan teknologi yang semakin pesat juga diiringi oleh peningkatan kebutuhan akan desain grafis untuk promosi usaha dan keperluan lainnya. Di sini diperlukan jasa desainer frelance untuk membuat misalnya: logo perusahaan, benner iklan, brosur produk, cover buku, animasi 3D, dan lainnya. Usaha jenis ini sangat menjanjikan karena bisa dilakukan melalui komunikasi online dengan pengguna jasa dan pembayaran dengan sistem transfer ke rekening. Bagaimana cara melakukan bagi pemula? Anda bisa belajar melalui tutorial desain grafis di berbagai website atau mungkin dapat belajar melalui Youtube.

7.      Web Designer

Saat ini kebutuhan akan website semakin meningkat untuk berbagai kebutuhan, seperti: website profil usaha, profil lembaga, personal, toko online, portal berita, dan lainnya. Banyak pihak tidak mau repot melakukan atau membuatnya, selain karena membutuhkan waktu dan konsentrasi cukup juga pekerjaannya sedikit memerlukan skill tertentu. Modal usaha jenis ini yakni komputer atau laptop serta jaringan internet. Cara promosinya bisa melaui Facebook, instagram, serta media sosial lainnya. Apakah anda tidak memiliki kemampuan melakukan ini? Cukup menjadi reseller saja. Silahkan terima pesanan desain website dan lalu kemudian anda order ke penyedia jasa desain yang lain. Selisih dari harga jual yang anda tetapkan dengan harga yang anda dapatkan dari penyedia jasa desain web itulah keuntungan.

8.      Jasa Potong Rambut

Tahukah anda bahwa jasa potong rambut merupakan jenis usaha yang menjanjikan keuntungan? Modalnya cukup memiliki kemampuan memadai untuk memotong rambut. Kemudian yang diperlukan seperti: sisir, gunting rambut, cermin, serta peralatan pendukung lainnya. Model rambutnya bisa dilihat melalui aneka gambar di media sosial. Usaha ini bisa dibuka dalam atau mungkin di teras rumah saja.9.      Penulis Freelance

Jika anda punya keterampilan menulis artikel, maka peluang usaha ini sangat menjanjikan. Banyak pengelola website membutuhkan jasa penulisan artikel, antara untuk promosi produk jualan atau layanan jasa. Anda bisa bekerjasama dan menyepakati berapa tarif jasa penulisan per satu judul artikel, termasuk panjang tulisan.10.  Jasa Titip Hewan

Bagi anda yang pecinta dan menyukai hewan, kegemaran ini bisa menjadi peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Anda bisa menjaga hewan-hewan yang dititipkan oleh orang lain dengan tarif tertentu. Meski begitu, untuk mendapatkan pelanggan tetap tentu memerlukan promosi melalui media sosial terlebih dahulu.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here